Komputer Generasi Kedua(1959 – 1964)

Stretch dan LARC
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat komputer bernama LARC.

Komputer komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga terbatas kepopulerannya.

Komputer LARC
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs (Livermore, California), dan lainnya di US Navy Research and Development Center (Washington D.C).

Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan singkatan utuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.

Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat kini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Ciri-ciri komputer pada generasi kedua:

Transistor
  • Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil daripada generasi I.
  • Adanya pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding para pendahulunya.
  • Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Assembly.
  • Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN.


Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Integrated Circuit (IC)
Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini.

Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal.

Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.


IBM PC
Pertama munculnya minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi sebelumnya.

Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.




Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga:

  • Penggunaan IC (Intregrated Circuit).
  • Ukuran komputer menjadi lebih kecil.
  • Ditemukannya Sistem Operasi
(Komputer generasi selanjutnya)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top