Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)

Setelah ditemukan IC pengembangan komputer menjadi lebih jelas, yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.

Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980an dikembangkan Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra Large Scale Integration (ULSI) merupakan pengembangan berikutnya dengan meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.


Pada pertengahan tahun 1970-an, produsen komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Evolusi komputer menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Saat ini kita mengenal perkembangan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD K6, Athlon, dsb. Semua jenis PC tersebut termasuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:

  • Digunakannya LSI, VLSI, ULSI.
  • Digunakannya mikroprosesor.


Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima disebut sebagai komputer masa depan, dimana dirancang memiliki kecerdasan buatan (Artificial Intelligence; AI). Komputer masa depan diharapkan dapat memberikan respon atas keinginan penggunanya. Komputer generasi ini masih dalam pengembangan dipelopori oleh negara Jepang, dan pemakainya terbatas.
Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI. Programnya dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan bahasa LISP (List Processor)

Artificial Inteligence atau kecerdasan buatan adalah sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan berbagai tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia. 

Selain itu juga akan ada teknologi yang disebut mikrooptik dan system input output menggunakan audio yang memungkinkan user memberi instruksi kepada computer seperti layaknya bercakap cakap dengan manusia. 

Beberapa bukti adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. 


Sumber:
 
Top