Perkembangan komputer dari awal hingga saat ini dapat digolongkan menjadi 5 generasi, dan sedang dirancang suatu konsep komputer generasi ke-6.

Istilah komputer pada awal mulanya berasal dari bahasa Latin "computare" yang berarti alat hitung. Alat hitung elektronik ini digunakan sebagai pengganti alat hitung manual (seperti sempoa atau abacus). Jadi pada awalnya komputer digunakan untuk mempercepat perhitungan. Komputer yang digunakan sekarang merupakan perkembangan dari generasi-generasi sebelumnya.

Berikut sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi:

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

  


Ciri dari generasi pertama adalah:
  • Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
  • Adanya silinder magnetik untk penyimpanan data.
  • Instruksi operasi dibuat secara spesifik untk suatu tugas tertentu.
  • Setiap komputer memiliki program kode biner berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language) hal in menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Komputer-komputer generasi I:

Colossus
Collosus yang dioperasikan 2 operator
Colossus adalah komputer elektronik digital pertama yang dapat diprogram, meskipun tidak sepenuhnya.

Pada Perang Dunia II, Colossus digunakan untuk membantu memecahkan kode dari mesin Nazi Lorenz SZ 40/42, yang diberi nama kode "Tunny" oleh pihak Britania.

Colossus didesain oleh Tommy Flowers di Stasiun Penelitian Kantor Pos Britania, Dollis Hill.


Mark 1

Mark I
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk untuk US Navy.

Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil

The Harvard - IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik.


Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroperasi lambat (butuh 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. 


ENIAC
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer),
ENIAC dengan operator
pada tahun 1946 dirancang dan dibuat oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pennsylvania merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. 
ENIAC dibuat di bawah lembaga Army’s Ballistics Research Laboratory (BRL). Sebuah badan yang bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan tabel lintasan peluru kendali senjata baru. Sebelumnya tugas ini dilakukan oleh kurang lebih 200 personil dengan menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan persamaan matematis peluru kendali yang memakan waktu lama.

ENIAC mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 140 KW. Kecepatan operasi mencapai 5.000 operasi penambahan per detik. ENIAC masih merupakan mesin desimal, representasi data bilangan dalam bentuk desimal dan arimetiknya dibuat dalam bentuk desimal. 

ENIAC
Memorinya terdiri atas 20 akumulator, yang masing-masing akumulatornya mampu menampung 10 digit desimal. Setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri atas 10 buah tabung vakum. Kekurangan utama mesin ini adalah masih manual pemrogramannya, yaitu dengan menyetel switch – switch, memasang dan menanggalkan kabel – kabelnya. 

ENIAC selesai pada tahun 1946 sejak proposal diajukan tahun 1943, sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman baru komputer elektronik.



EDVAC
Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.

Von Neumann dan EDVAC
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. 

Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.



UNIVAC
Tahun 1950 merupakan tahun kelahiran industri komputer, yang dengan munculnya 2 buah perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM.

Meja operator UNIVAC
Tahun 1947, Eckert dan Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corporation untuk memproduksi komputer secara komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan adalah UNIVAC I (Universal Automatic Computer).  UNIVAC I menjadi tulang punggung penghitungan sensus tahun 1950 di USA.

UNIVAC II yang memiliki kapasitas memori lebih besar dan kinerja yang lebih baik diluncurkan tahun 1950. Mulai saat itu perusahaan telah mengembangkan produk – produk baru yang kompatibel dengan produk sebelumnya sehingga pangsa pasar konsumen mereka tetap terjaga menggunakan produknya.

IBM pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan produk mereka yang akhirnya mendominasi pangsa pasar bisnis saat ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi lebih baik hingga sekarang.



Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
https://axlinsaahmad.wordpress.com/2014/07/01/evolusi-atau-generasi-dan-kinerja-komputer/
http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-perkembangan-dan-generasi-komputer.html

 
Top